DESA PANDANSARI

Desa Pandansari merupakan salah satu dari 18 desa  yang terletak wilayah administrasi kecamatan Ngunut kabupaten Tulungagung.

Wilayah  Desa  Pandansari  berada di ketinggian ± 92 M di atas permukaan laut, terletak 15 km  arah tenggara  kota  kabupaten  Tulungagung  dan 5 km arah selatan dari kecamatan ngunut. Desa Pandansari dengan luas wilayah 248,2 Ha di bagi menjadi tiga dusun yaitu dusun Pojok, dusun Krajan dan dusun Jati dengan batas- batas wilayah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara     : Desa  Purworejo              ( Kec. Ngunut )
  • Sebelah Timur     : Desa  Sumberingin Kulon   ( Kec. Ngunut )
  • Sebelah Selatan : Desa  Balesono               ( Kec. Ngunut )
  • Sebelah Barat : Desa  Mirigambar            ( Kec. Sumbergempol )

Secara geografis Desa Pandansari memiliki letak cukup strategis karena  seluruh wilayah berada pada tanah datar dan dijadikan jalur penting untuk mengakses kecamatan Kalidawir dan  Sumbergempol dengan tingkat mobiltas yang cukup padat. Bahkan dengan kondisi ini jalur yang melintas di desa Pandansari dijadikan jalur penting untuk menuju kota.

Dengan topografi desa di dataran dan subur dengan didukung sistem pengairan menjadi potensi pengembangan pertanian yang potensial  menghasilkan produk pertanian yang baik. Pola pembangunan lahan di Desa Pandansari lebih didominasi oleh kegiatan pertanian pangan dan hortikultura yaitu padi, jagung, tebu dan lain lain. Dengan penggunaan pengairan irigasi teknis dari lodoagung yang cukup memadai serta dibantu dengan pembuatan sumur buatan, membantu sistem pertanian yang baik.

Sejarah

Sekitar tahun 1781 M datanglah seorang yang bernama PROYO SEMITO dari tanah Bayat diwilayah Solo kemudian membuka hutan  untuk mendirikan sebuah desa dan beri nama desa Pojok. Pada tahun 1911 desa pojok dan desa jati digabung selanjutnya diadakan pemilihan kepala desa yang diikuti 2 calon yaitu kepala desa pojok MERTOLEKSONO dan kepala desa jati MUHTARI ENTUNG, dari proses pemilihan tersebut MERTOLEKSONO dari pojok memperoleh suara terbanyak  dan sejak saat itu berubah nama menjadi desa Pandansari.

Wilayah Desa

0
Dusun
0
Rukun warga
0
Rukun tetangga
Wilayah Dusun
Batas Wilayah

Visi & Misi

Membangun Masyarakat Cerdas, Berkualitas dan Sejahtera Menuju Kemakmuran Masyarakat yang Adil dan Merata

  1. Mewujudkan masyarakat desa dapat mengenyam pendidikan formal maupun informal.
  2. Mewujudkan kehidupan masyarakat desa yang semakin baik, sehingga memiliki nilai jual terhadap cipta, rasa dan karsanya.
  3. Mewujudkan kehidupan masyarakat desa semakin baik.
  4. Mewujudkan rasa keadilan masyarakat dalam kerangka pelayanan masyarakat yang lebih baik.
  5. Mewujudkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya yang dapat dirasakan oleh masyarakat desa tanpa memandang kepentingan politik, SARA dan antar golongan.

Perangkat Desa

Aparat desa Tulungagung periode 2016-2022

SUTADJI

Kepala Desa

MASHURI

Sekretaris Desa

SUPRIYONO

KASUN KRAJAN

NUR WAHYUDI

KASUN JATI

MAHFUD

KASUN POJOK

HADI SUYIDNO

KAUR KEUANGAN

HADI MUHSIN

KASI KESRA DAN PELAYANAN

MU'ARIF

KAUR UMUM DAN PERENCANAAN

YASIN

KASI PEMERINTAHAN

SUSANTI

STAF KAUR KEUANGAN

Ingin tahu statistik desa?

Semua data statistik tentang desa